Minggu, 17 Januari 2010

Apa itu BUDAYA???

Seperti yang kita ketahui, budaya merupakan hasil usaha manusia, ia bisa berupa kesenian, pemikiran, ilmu, maupun teknologi. Karena esensinya adalah hasil karya atau usaha manusia, yang manusia itu sendiri merupakan makhluk yang tidak terlepas dari kekhilafan dan kekurangan, maka budaya itu juga tidak terlepas dari kemungkinan-kemungkinan dari mengandung sifat-sifat yang dimiliki oleh manusia selaku penciptanya. Oleh sebab itu, amat keliru jika ada orang yang menganggap final sebuah budaya untuk tidak diperbaharu!!

Ciri masyarakat madani atau berperadaban tinggi, tentunya adalah sebuah masyarakat yang memiliki identitas budaya yang dominan, yang hakikat budaya yang diciptakannya itu sendiri memiliki andil bukan hanya untuk kesejahteraan finansial semata, tapi juga perilaku, kepribadian, pemikiran dan filsafat hidup yang lurus. Sebuah budaya yang tidak hanya mementingkan kemegahan sesaat, tapi juga menyimpan kepedulian untuk masadepan kehidupan, manusia, hewan, alam dan kehidupan diluar hidup material ini. sementara kita sebut ini sebagai bentuk ideal dari sebuah ganbaran budaya.

Manusia akan memiliki kebudayaan yang terus maju, sepanjang mereka menyadari apa itu hakikat budaya. Dan manusia akan berusaha membentuk tipe budaya yang menuruti mindsetnya. Dengan demikian, budaya akan menjadi cerminan seseorang dari segi pola pikir dan tujuan hidupnya. Masyarakat yang menjadikan Islam sebagai pola fikir dan way of lifenya, tentu ia akan terlihat dari budaya yang diperjuangkannya, begitu juga dengan orang yang ateis, kristiani atau lainnya. Dari budaya yang mereka buat atau kerjakan itulah kita dapat melihat kepribadian dalam diri mereka secara jelas. Budaya adalah identitas kelompok dan individu.

Rasulullah selalu menekankan agar ummat Islam tidak mengekor pada perilaku ummat non islam, baik dari segi ibadah maupun peradabannya. Ummat Islam harus terus berusaha membuat budaya sendiri yang dilahirkan atas ruh pemikiran dan cita-cita Islam. Itulah mengapa dimasa abad pertengahan, Ummat Islam mampu berdiri gemilang melebihi ummat-ummat yang lainnya. Kita mesti bangga dengan mereka tapi tidak juga harus ikut sama dengan mereka. Zaman kita sudah berlalu. situasi dan kondisi yang dihadapipun sudah berlainnan. oleh karenanya karya budaya yang diperlukanpun berbeda. Yang mesti kita samakan dengan mereka adalah mindset dan tujuan hidupnya, yaitu al-Islam!!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright by Dunia Budaya dan Kebudayaan Manusia  |  Template by Blogspot tutorial